Budidaya Lada dan Cara Menanam Merica atau lada

Nama merica dan lada itu dari tumbuhan yang sama, sebutan merica biasanya digunakan saat buah masih berbentuk bulat-bulat kecil dan belum di haluskan dan sedangkan sebutan lada biasanya di gunakan saat buah sudah menjadi bubuk atau untuk menambah rasa pedas. Fungsi dari tanaman/buah dari tanaman ini adalah sebagai bumbu dapur dan tergolong tanaman yang memiliki nilai ekonomi yang lumayan besar.

Harga jual merica yang selalu setabil ini membuat petani banyak yang berminat untuk berbudidaya tanaman merica. Lada atau merica ada dua jenis hasil panen yaitu lada hitam dan lada putih, sebenarnya lada hitam ataupun lada putih adalah dari jenis tanaman yang sama namun yang membedakan adalah warnanya, lada dengan warna hitam karena proses panen yang lebih cepat atau merica masih tergolong muda sehingga menghasilkan lada berwarna hitam. Sedangkan untuk lada yang berwarna putih yaitu lada yang saat pemetikan dilakukan setelah buah sudah matang atau lebih tua yang menghasilkan lada berwarna putih. Namun kedua jenis lada tersebut dari jenis tanaman yang sama.

merica-lada

Buah merica

Cara menanam merica atau lada

Cara penanaman merica cukup sederhana yaitu langkah-langkahnya seperti Pembibitan, Penanaman, Pemeliharaan/Perawatan, Pengendalian hama, hingga panen.

-Pembibitan

Dalam pembibitan merica yaitu menggunakan stek cabang batang skunder dan primer atau menggunakan stek yang menyertakan sulur panjang (cabang primer). Untuk pembibitan dan penyemaian bisa menggunakan polybag yang di isi dengan pasir, pupuk (tricokompas), tanah dan menggunakan perbandingan 1 : 3 : 7. Kemudian setelah polybag sudah ter isi media tanam tadi anda bisa menanam bibit merica lalu gunakan plastik untuk menutupi agar tanaman merica tidak terkena hujan, kita bisa menggunakan plastik agar sinar matahari dapat masuk 70%. Untuk melindungi bibit merica agar tidak rusak karena hama/hewan kita dapat memberikan jaring di sekelilingnya selama proses pembibitan berlangsung sekitar -+ 4bulan sampai akar tumbuh dengan baik dan sudah layak untuk di pindah. Untuk merangsang pertumbuhan akar, dapat di berikan pupuk organik pada saat persemaian berlangsung.

pembibitan-merica

Pembibitan merica

-Penanaman

Untuk penanaman merica bisa dilakukan di perkarangan/tanah yang kosong, atau jika anda tidak memiliki pekarangan penanaman bisa juga menggunakan pot (dalam sekala kecil). Setelah penyemaian berhasil bibit bisa di pindahkan ke media yang lebih besar atau polybag dengan ukran 40 x 60 cm. Untuk meningkatkan kesuburan tanah di dalam polybag, dapat di berikan pupuk kandang sebanyak ukuran polybag, 5-10kg trichokompas, 500 gram kapur, dan 100 gram trichoderma.

Bibit di tanam setelah 2 atau 3 minggu setelah di berikan pupuk dasar, supaya tanaman merica lebih optimal, bisa lakukan pemupukan secara teratur menggunakan pupuk kandang sebanyak 5kg pertahun. Dengan komposisi pupuk trichokompas 2 kg tahun pertama, lalu di tambah menjadi 3 kg untuk tahun selanjutnya, saat pemberian pupuk dapat di berikan selama empat kali dalam satu tahun.

penanaman-merica

Tanaman merica dalam polybag

-Perawatan dan Pemeliharaan

Untuk menjaga agar bibit merica terjaga saat proses perkembangan atau pertumbuhan tanaman dapat di lakukan pemeliharaan yang rutin, pemeliharaan dan perawatan yang dilakukan meliputi perlindungan dan pencegahan tumbuhnya jamur pada tanaman, pengendalian penyakit dan hama.

Cabang/batang merica sangat rentan terserang jamur karena bentuknya yang rimbun, biasanya tingkat kelembabaan pada tanaman menjadi cukup tinggi. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat di buatkan para-para di sekitar tanaman/cabang tanaman.

Biopestisida dan agensi hayati dapat di gunakan untuk pencegahan atau pengendalian terhadap hama dan penyakit,  biopestisida yang dapat di gunakan yaitu seperti tepung cengkeh, extra biji bengkoang dan extra akar tuba.

Untuk pengendaliannya dapat di lakukan menggunakan agensi hayati yaitu seperti Bacteri pasteuria penetrans, Jamur beuveria bassiana, dan jamur trichoderma.

panen-merica

Buah merica sudah di panen

Pemanenan merica atau lada di lakukan pada usia tanaman sekitar satu tahun/12 bulan setelah penanaman di lakukan. Agar mendapatkan hasil yang lebih baik pada saat tanaman mulai berbunga dan berbuah pertama kalinya lebih baik bungan dan buah tersebut di petik dahulu agar pertumbuhan selanjutnya lebih maksimal dalam segi pembuahannya.

Begini cara menanam anggur dalam pot

Save

Save

Budidaya Lada dan Cara Menanam Merica atau lada | sistemhidroponik | 4.5

Leave a Reply