Cara menanam anggur dalam pot

Cara menanam anggur bisa di lakukan di dalam pot, cara ini sudah sangat banyak dilakukan oleh kebanyakan orang dan langkah-langkahnya yaitu persiapan, penyemaian, penanaman, dibuahkan, pemangkasan, pemeliharaan dan pencegahan hama.

Berikut ini gambar ilustrasi cara menanam anggur dalam pot

ilustrasi-menanam-anggur-dalam-pot

Gambar ilustrasi menanam anggur dalam pot

  • Persiapan

Yang pertama adalah memperiapkan stek batang anggur panjangnya sekitar 20cm dan terdiri dari 2ruas, anda dapat mengambil dari batang pohon indukan yang telah mempunyai umur sekitar satu tahunan. Bentuk batang yang bulat dengan ukuran kira-kira 1cm. Pilihlah kulit yang berwarna coklat muda cerah dan pada bagian kulit bawah berwarna hijau bebas dari noda hitam. Ciri lain yaitu mempunyai mata tunas mata tunas besar dan padat serta sehat, untuk mata tunas yang tidak sehat ciri-cirinya adalah kebalikannya ukurannya kecil dan pada ujung terlihat memutih.

batang-anggur

Batang anggur

  • Penyemaian

Untuk langkah penyemaian silahkan siapkan polybag dan di sesuaikan dengan banyaknya batang anggur yang tersedia. Kemudian untuk media tanam bisa menggunakan  tanah, Trichokompos dan Pasir perbandingannya 2 : 1: 1. Setelah siap silahkan masukan ke dalam polybag yang sudah di siapkan dan lalu masukan/tancap batang anggur yang ada ke dalam campuran media tanam yang berada di polybag. Berikutnya silahkan siramkan cairan Air, Trichoderma, Hormon Organik. Setelah semua selesai silahkan tempatkan di tempat yang teduh dan penyiraman dilakukan pada sore hari hingga tumbuh akar serta tunas. Setelah tumbuh daun batang anggur tersebut sudah bisa di pindahkan ke dalam pot.

penyemaian-batang-anggur

Penyemaian batang anggur

  • Penanaman

– Siapkan pot yang akan di gunakan untuk penanaman, lalu silahkan tempatkan media tanam yang sudah di siapkan seperti tanah, pupuk Trichokompos dan pasir perbandingan 1:1:1 kedalam pot sampai terisi dan kemudian tempatkan batang anggur yang sudah siap tanam tempatkan di tengah pot, setelah selesai silahkan siram dengan air hingga basah media tersebut (jangan terlalu banyak)

batang-anggur-didalam-pot

Penanaman batang anggur didalam pot

– Langkah selanjutnya anda dapat membuat rangkaian para yang akan berfungsi penjalaran tanaman anggur nantinya, dapat menggunakan bambu/besi yang berdiri lalu di putari kawat.

rangkaian-para-batang-anggur

Rangkaian para

Anda dapat membuat fareasi sendiri untuk pembuatan para para.

– Untuk menhindari timbulnya jamur di sekitar batang anggur anda dapat memberikan Trichoderma pada sekeliling pot.

– Pemberian pupuk urea NPK dapat dilakukan pada saat tanaman berusia 1 bulan dengan takaran satu sendok makan yang di campur dengan satu liter air. Penyiraman pupuk di berikan di sekitar atau sekeliling tanaman. Proses pemupukan dapat di lakukan setiap 2 minggu sekali.

– Saat batang ranting sudah melampoi rangkaian para lakukan pemotongan atau pemangkasan batang tersebut, kita dapat menggunakan gunting tanaman untuk melakukan pemotongan ranting.

  • Pembuahan

Setelah langkah tersebut sudah di lalui, sekarang langkah berikutnya yaitu pembuahan tanaman anggur. Kapan pembuahan pertama kalinya? tanaman anggur dapat dibuahkan pertama kalinya saat saat berumur 9 bulan, namun biasanya hasil dari pembuahan ini dapat berpengaruh kurang baik pada tanaman, pada umur tanaman 9 bulan masihlah tergolong masih muda dan rentan. Agar tumbuhan anggur berhasil dengan baik lebih tepat pembuahan dilakukan saat umur tanaman satu tahun ke atas hal ini di maksudkan agar pertumbuhan raning, cabang, daun dan akarnya tumbuh dengan sempurna, dan agar tumbuhan anggur lebih kuat dan memadai saat berbuah.

Jika ternyata sebelum umur tanaman mencapai satu tahun namun sudah berbungan/berbuah sebaiknya bungan tersebut di potong/petik sebelum memnjadi lebih banyak dan besar. pemetikan tersebut akan berdampak baik pada saat pertumbuhan vegetatif karena memanfaatkan zat makanan untuk tanaman saat pertumbuhannya.

Untuk menjaga tanaman anggur tetap sehat sebaiknya pembuahan dilakukan dua kali dalam dua tahun, sebenarnya bisa juga tiga kali dalam dua tahun tetapi akan berdampak buruk pada tanaman anggur nantinya.

  • Pemangkasan

Pemangkasan yang dilakukan pertama adalah untuk pembentukan tanaman buah anggur, pemangkasan ini di lakukan agar tanaman terbentuk sesuai yang kita inginkan. Agar pertumbuhan vegetatif dapat subur sebaiknya ranting yang di potong atau di pangkas adalah ranting pada bagian atas mata tunas yang bentuknya runcing. Setelah pemangkasan tersebut selesai selanjutnya adalah pemangkasan perawatan, untuk jenis perawatan pemangkasan ini di maksudkan agar tumbuhan anggur cepat berbuah. Cabang yang di potong yaitu ranting yang ada pada di atas mata tunas dan berbentuk tumpul/bundar.

Proses pemangkasan ini dapat juga menjaga bentuk tanaman agar tetap terjaga pada bentuk seperti yang kita inginkan dan bisa bermanfaat pada tanaman yaitu dapat melancarkan udara di sekitar tumbuhan anggur dan sinar matahari dapat di terima oleh tanaman dengan baik, proses ini bisa merangsang saat proses pertumbuhan tanaman anggur selanjutnya.

  • Pemeliharaan/Perawatan
anggur-pot

Buah anggur siap panen

Untuk menghidari kerontokan pada bunga saat tanaman sudah mulai berbunga lebih baik di hindarkan dari terkena siraman hujan saat hujan turun. Jika tanaman anggur terkena air hujan yang lebat hal ini bisa berakibat terjadinya kerontokan pada buah yang masih kecil. Anda dapat memindahkan POT tanaman anggur tersebut ke tempat yang teduh saat turun hujan dan setelah hujan reda anda bisa menempatkan kembali pot tersebut ke tempat semula atau tempat terbuka.

Untuk menjaga buah rata besarnya sebaiknya kita pisahkan grombolan buah pada saat masih kecil-kecil atau bisa di sebut dengan langkah penjarangan buah anggur, biasanya di pisah 50%  grombolan buah dari asalnya dan ukuran buah masih sebesar kedelai atau sekitar umur satu tahun lima bulan dari setelah proses pemangkasan. Untuk proses pemisahan atau penjarangan yang kedua dilakukan saat buah sudah sebesar butran jagung atau dalam jangka waktu sebulan setelah proses penjarangan pertama. Pemisahan buah yang kedua ini dilakukan untuk mengontrol buah yang bagus dan membuang buah yang tumbuh tidak sempurna atau rusak.

  • Pencegahan Hama

Agar tanman anggur yang ada dalam pot bisa tumbuh dengan sempurna tanpa ada kerusakan yang di karenakan hama, anda dapat melakukan pencegahan hama yang bisa merusak tanaman anggur ini. Biasanya hama yang sering masuk ke tanaman anggur adalah hama seperti ulat daun, kumbang dan belalang atau semua jenis serangga, untuk jenis penyakit biasanya terjadi jika udara di sekitar tanaman terlalu lembab hal itu dapat menyebabkan tanaman terserang penyakit jamur kuning (phakopshora vitis) dan jamur putih (downymildew).

Untuk mencegah adanya serangan penyakit dan hama tersebut dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan Trichoderma/petisida dengan takaran secukupnya (jangan berlebihan).

Demikian cara penanaman anggur dalam pot dan kami ucapkan terimakasih sudah berkunjung ke blog kami, semoga berhasil dalam menanam anggur dalam pot.. Silahkan bookmark situs ini untuk mendapatkan update seputar tanaman hidroponik lainya.

Save

Cara menanam anggur dalam pot | sistemhidroponik | 4.5

Leave a Reply