Cara Menanam tanaman Selada Hidroponik

Jika setiap rumah memiliki tanaman baik tanaman hias maupun sayuran pasti akan sangat baik untuk lingkungan. Ya, karena tanaman ini bisa menjadi sumber oksigen serta penyerap karbon dioksida yang mungkin di hasilkan oleh kegiatan rumah tangga seperti asapdapur.

Namun sayangnya tidak semua rumah memiliki lahan yang cukup untuk menanam tanama ini. Bagi anda yang mengalami masalah ini, tak perlu khawatir lagi karena saat ini ada tmetode penanaman tanaman yang tidak membutuhkan media tanam berupa unsur hara atau tanah.

Metode tersebut adalah metode penanaman hidroponik. Yaitu metode penanaman yang menggunakan media tanam utama berupa unsur air.

Selain tidak membutuhkan tempat yang luas, jenis tanaman yang dapat di budidayakan menggunaka metode ini juga sangat beragam, seperti sayuran daun selada. Cara menanam selada hidroponik ini sangatlah simpel, sehingga anda patut mencobanya.

selada-hidroponik

Contoh tanaman selada hidroponik

Untuk lebih jelasnya, berikut rincian lebih jelas tentang bagaimana cara menanam selada hidroponik :

  1. Persiapan awal

Sebelum memulai cara menana selada hidroponik, pertama-tama siapkan media dan bibit selada terlebih dahulu. Media yang di butuhkan antara lain adalah baki, arang sekam, spons, pot plastik, pipa air/baskom serta nutrisi untuk tanaman daun selada.

  1. Penyemaian

Bibit yang masih berupa butiran kemudian di semai pada media semai yang berupa arang sekam (padi kering yang di bakar). Cara menyemai bibir selada ini adalah dengan menaburkan bibit selada pada arang sekam yang telah di taruh dan di ratakan pada baki.

Setelah bibit di taburkan, kemudian media penyemaian di tutup menggunakan plastik selama 2 hari. Dalam 2 hari ini biasanya bibit selada akan berubah menjadi kecambah.

Meskipun sudah berbentuk kecambah, bibit selada tidak langsung di pindahkan pada media tanam melainkan harus di letakkan pada tempat yang memiliki asupan cahaya matahari cukup selama 2 minggu, dan menunggu bibit selada cukup tinggi.

  1. Penanaman

Cara menanam selada hidroponik berikutnya adalah dengan memindahkan bibit selada pada media tanam. Namun untuk memindahkan bibit selada ke media tanam jangan dengan cara di cabut, melainkan dengan di celupkan ke dalam baskom berisi air bersamaa dengan media penyemaiannya. Kemudian baskom di goyang-goyangkan agar bibit terpisah dari media semainya.

Jika sudah terpisah dan tidak ada bibit yang menggumpal, kemudian jepit selada menggunakan spons. Dan setelah itu masukkan spons dengan selada tersebut pada pot.

Pot yang telah menjadi media tanam daun selada kemudian di letakkan pada pipa air yang telah berisi nutrisi AB mix. Usahakan akar selada tercelup pada larutan nutrisi air tersebut, karena larutan AB mix merupakan satu-satunya nutrisi yang akan di berikan.

  1. Perawatan

Untuk perawatan daun selada sendiri cukup mudah, anda hanya perlu memperhatikan intensitas kecukupan larutan nutrisi. Kemudian perhatikan juga pertumbuhan daun selada.

Dan yang terpenting jaga daun selada agar terhindar dari berbagai hama dan gulma.

Dengan cara menanam selada hidroponik yang mudah tersebut, sepertinya tidak ada alasan lagi untuk anda tidak mencobanya.

baca juga tentang teknim menanam tanaman hidroponik

Save

Save

Save

Cara Menanam tanaman Selada Hidroponik | sistemhidroponik | 4.5

Leave a Reply