Cara Menanam Timun Hidroponik dengan sederhana

Bibit Online

Timun adalah salah satu tanaman yang baik jika di tanam menggunakan metode penanam timun hidroponik. Selain karena perawatannya yang mudah, buah timun yang di tanam dengan metode hidroponik juga bisa berpotensi memiliki kandungan air lebih banyak dan berukuran lebih besar.

Bibit Online

Lalu sebenarnya apa itu metode penanaman hidroponik? Metode menanam secara hidroponik adalah metode budidaya tanaman yang tidak menggunakan media unsur hara, melainkan menggunakan unsur air.

itulah sebabnya mengapa timun yang di tanam dengan metode ini dapat memiliki kandungan air lebih banyak mengingat media penanamannya sendiri merupakan air. Meskipun begitu, namun tanaman timun juga tetap membutuhkan media penanam lain.

timun-hidroponik

Mentimun hidroponik

Apa sajakah media tanam yang di butuhkan untuk menanam timun hidroponik, serta cara menanam timun hidroponik? Berikut penjelasan lengkapnya :

  1. Pemilihan bibit
benih-timun

Bibit mentimun

Untuk mendapatkan buah yang baik, tentu bibit yang di gunakan pun harus baik atau berkualitas tinggi. Setelah bibit berkualitas di dapatkan, kemudian langsung di semai menggunakan media semai.

Anda bisa memilih bibit mentimun di sini http://bibitbunga.com/benih-sayuran/benih-mentimun/

Anda membutuhkan kertas koran dan kain kanvas basah untuk media penyemaian. Cara penyemaian bibit timun ini adalah dengan meletakkan biji timun pada media tersebut, kemudian lipat-lipat kertas koran dan kain. Selanjutnya masukkan dalam plastik dan tunggu hingga biji timun berubah menjadi kecambah.

Bibit Online

Untuk memahami tentang tanaman hidroponik dan media apa saja yang bisa di gunakan anda dapat membacanya di tanaman hidroponik

Jika sudah mengeluarkan tunasnya, kemudian pindahkan kecambah timun pada media tanam.

  1. Penanaman

Langkah penanaman ini di lakukan pada media tanam yang terdiri dari beberapa pilihan yaitu arang sekam (padi kering yang di bakar), gambut, pasir, dan gambus. Pilih lah salah satu media tersebut, namun media yang paling di sarankan yaitu arang sekam.

Setelah itu, cara menanam timun hidroponik berikutnya adalah dengan menyiapkan bahan-bahan lain yaitu pot kecil, pipa pralon, air secukupnya, kertas , gunting dan air untuk penyokong.

Cara membuat media penanam ini yaitu pertama-tama lubangi bagian ujung pot dengan ukuran 1-3 mm. Kemudian masukkan arang sekam pada pot tersebut. Setelah itu, lubangi pipa dengan jarak perlubang sekitar 10-15 cm, besar lubang ini menyesuaikan dengan besar pot plastik.

Pada kedua ujung pipa pralon di tutup agar larutan nutrisi tidak tumpah. Setelah itu air yang di siapkan dengan bahan alumunium atau kayu di pasangkan. Jika semua media sudah siap, cara menanam timun hidroponik berikutnya adalah dengan menanamkan bibit timun pada pot yang telah di beri arang sekam. Setelah itu pasangkan pot pada lubang pipa pralon.

Usahakan bagian bawah pot menyentuh ujung bawah pipa agar larutan nutrisi bisa masuk ke dalam pot.

  1. Perawatan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika proses perawatan dalam cara menanam timun hidroponik termasuk mudah. Anda hanya perlu mengontrol pertumbuhan rumput serta gulma yang dapat menghambat pertumbuhan timun.

Anda juga harus rajin memberikan nutrisi yang telah di larutkan dengan air, untuk cara pemberian nutrisi ini adalah dengan di masukkan pada lubang pralon. Jika tanaman timun memiliki penyakit atau mendapat serangan hama, maka anda bisa menyemprotkan fungisida.

Dengan media dan perawatan yang begitu simpel, anda bisa mencoba cara menanam timun hidroponik ini di lingkungan rumah.

Save

Bibit Online

Bibit Online
Cara Menanam Timun Hidroponik dengan sederhana | sistemhidroponik | 4.5

Leave a Reply