Cara Tanam Sawi Hidroponik Dengan Hasil Panen Melimpah

Meski telah dikembangkan dalam kurun waktu yang cukup lama, tapi sampai saat ini belum banyak yang mengetahui cara tanam sawi hidroponik beserta teknik pengelolaannya. Padahal metode ini sangat menguntungkan karena proses pertumbuhannya dapat berjalan lebih cepat dan hasil panen yang melimpah.

Memilih benih dan pembibitan

Agar mampu menghasilkan hasil penen yang berkualitas dan melimpah dibutuhkan bibit sawi terbaik. Jadi pilihlah bibit tanaman yang sehat sekaligus bebas dari penyakit dan hama. Benih ini juga harus berasal dari induk dengan kualitas sempurna. Bibit sawi dengan kualitas terbaik selalu memiliki tampilan yang mengkilap dan licin.

bibit-sawi

Sawi merupakan jenis tanaman yang tidak bisa dibudidayakan secara langsung melalui sistem hidroponik. Jadi pembibitannya tetap menggunakan cara konvensional. Petama, buat bedeng dengan ukuran panjang sekitar 1 hingga 2 meter dan 1 meter untuk lebarnya. Sedangkan jarak yang paling ideal adalah 15 sampai 20 centimeter.

Agar tanahnya menjadi gembur, bedeng harus dibajak atau dicangkul sampai rata. Setelah itu diberi kompos atau pupuk kandang dan didiamkan selama beberapa hari. Dari sini kemudian dibuatkan lubang sedalam 2 hingga 3 sentimeter dan bibit dimasukan dalam lubang tersebut. Penyiraman harus rutin dilakukan sampai bibit mengeluarkan akar kecil atau sudah berubah bentuk jadi kecambah.

Menyiapkan media tanam hidroponik

Sebelum bibit tanaman sawi dipindah, siapkan net pot atau botol bekas minuman, pisau, sumbu dari kain, spon atau abu sekam, nutrisi tanaman dan pipa paralon. Setelah itu jika menggunakan botol di berikan lubang pada bagian bawahnya dengan ukuran yang kecil saja, kemudian sekam dimasukan.

paralon-hidroponik

Pipa paralon juga diberi lubang menggunakan jarak antara 3 hingga 5 sentimeter yang ukuran diameternya disamakan dengan ukuran botol plastik. Berikutnya botol plastik beserta paralon diisi air nutrisi dan air sampai penuh dan didiamkan selama 1 sampai 2 hari.

Penanaman bibit

Langkah atau cara tanam sawi berikutnya yaitu penanaman benih. Tekniknya, bibit sawi yang telah disemaikan dan mempunyai kecambah atau akar dimasukan dalam botol plastik secara perlahan-lahan agar tidak ada kerusakan, baik pada akar, batang dan daunnya. Tanaman sawi memiliki karakter yang sangat lunak, sehingga lebih rentan terhadap benda lain disekitarnya.

Pelajari cara penyemaian bibit hidroponik

sawi-hidroponik-paralon

Botol atau net pot kemudian ditaruh dalam pipa paralon juga sudah diberi larutan nutrisi tanaman. Dari sini tinggal melanjutkan proses perawatan dan pemeliharaannya saja.

Perawatan dan pemeliharaan tanaman sawi hidroponik

Tugas merawat dan memelihara tanaman sawi dengan sistem hidroponik adalah sebuah tugas yang sangat mudah dijalankan. Hal utama yang harus selalu rajin dilakukan yaitu melakukan penyiangan serta membersihkan media tanam dari serangan gulma, lumut maupun tanaman pengganggu lainnya.

Namun selain itu, jika menemukan tanaman sawi yang rusak atau tidak dapat tumbuh dengan sempurna harus segera diganti dengan tanaman baru. Sistem sanitasinya juga harus mendapat perhatian agar tidak ada sumbatan yang membuat nutrisi tidak bisa diserap dengan baik oleh tanaman sawi hidroponik tersebut.

perawatan-hidroponik-sawi

Demikian pula jika ada hama lain yang menyerang, harus secepatnya ditanggulangi. Bahkan jika perlu tanaman sawi yang sudah terlanjur kena serangan hama disingkirkan sehingga tidak menular pada bibit sawi lain yang tumbuh disekitarnya.

Pemanenan

Sejak dari proses penanaman, cara tanam sawi hidroponik dapat dipanen pada umur 2 sampai 3 bulan. Tetapi jika varietasnya merupakan varietas unggul dan dipelihara dengan baik, masa panen tersebut dapat lebih singkat. Adapun cara memanennya dengan memetik tangkai daun sawi tersebut atau dipotong di bagian batangnya secara langsung. Selamat mencoba.

panen-sawi-hidroponik

Semoga bermanfaat sedikit artikel dari kami mengenai cara tanam sawi hidroponik, silahkan lihat artikel lain tentang tanaman hidroponik yang bisa di terapkan di ruang kosong rumah anda, selain sayuran kita juga bisa menanam buah-buahan menggunakan sistem hidroponik contohnya seperti semangka hidroponik, melon hidroponik dan cara menanam anggur dalam pot. Selamat mencoba 🙂

Silahkan pelajari juga tentang cara menanam hidroponik kangkung

Save

Save

Cara Tanam Sawi Hidroponik Dengan Hasil Panen Melimpah | sistemhidroponik | 4.5