Hidroponik Sistem Sumbu atau wick

Bibit Online

Hidroponik sistem wick atau sumbu merupakan sistem yang paling sederhana dari semua jenis sistem hidroponik. Itu karena secara tradisional tidak memiliki bagian yang bergerak, sehingga tidak menggunakan pompa atau listrik. Namun beberapa hidroponik-sistem-sumbuorang masih suka menggunakan pompa udara opsional dalam penampungan. Karena tidak membutuhkan listrik untuk bekerja, itu juga sangat berguna di tempat-tempat di mana tidak bisa menggunakan listrik.

Bibit Online

Sistem sumbu adalah jenis sistem yang mudah untuk dibuat ketika pertama kali belajar tentang hidroponik, dan / atau Anda hanya Anda inginkan untuk mendapatkan pengalaman pertama. Jenis sistem hidroponik ini juga sering digunakan oleh guru di kelas sebagai percobaan untuk anak-anak. Keduanya membantu menjelaskan bagaimana tanaman tumbuh, serta membuat mereka tertarik pada hidroponik.

contoh-hidroponik-sistem-wick

hidroponik sistem wick atau sumbu

Apa yang Anda butuhkan untuk membuat sistem sumbu:

  • Sebuah ember atau wadah untuk tanaman.
  • Sebuah ember atau wadah untuk penampungan.
  • Sebuah sumbu yang baik sebagai media tanam seperti coco coir, Vermiculite, atau perlite.
  • Beberapa jenis bahan seperti felt atau tali wicking baik.

hidroponik-sistem-wickBagaimana sistem sumbu beroperasi seperti kedengarannya, itu pada dasarnya hanya sumbu untuk menaikkan larutan nutrisi dari penampungan ke tanaman menggunakan proses kapiler. Berarti mengisap air ke tanaman melalui sumbu seperti spons. Biasanya sistem sumbu yang baik akan memiliki minimal dua atau lebih baik sumbu ukuran untuk memasok air yang cukup (larutan nutrisi) ke tanaman. Ember / wadah dengan tanaman di dalamnya pada dasarnya terletak tepat di atas wadah yang digunakan untuk penampungan. Dengan cara itu air tidak perlu melakukan perjalanan hingga sangat jauh untuk sampai ke media tanam dengan tanaman.

Kekurangan Sistem Sumbu

Kelemahan terbesar dari sebuah sistem sumbu hidroponik adalah bahwa mereka tidak benar-benar bekerja dengan baik untuk tanaman besar yang harus minum lebih banyak air. Mereka benar-benar lebih cocok untuk tanaman tumbuh yang berbuah lebih kecil, seperti selada dan herbal. Sementara sumbu tidak menyedot (ke atas) kelembaban ke akar tanaman, semakin besar tanaman ini, semakin banyak air akan perlu diserap. Jika mereka merupakan tanaman berbuah, mereka akan membutuhkan lebih banyak air untuk mendukung pertumbuhan semua air yang menyerap buah juga.

Sistem sumbu juga memiliki kelemahan yakni kurang efisiennya dalam memberikan nutrisi. tanaman makan lebih berat mungkin perlu nutrisi lebih cepat daripada kemampuan sumbu yang memasok mereka ke akar. Selada dan herbal merupakan pengumpan ringan, sedangkan tanaman seperti tomat, paprika dan kebanyakan tanaman berbuah merupakan pengumpan berat.

Bibit Online

Kelemahan lainnya dari sistem sumbu ialah tanaman tidak menyerap nutrisi dan air secara merata, dan sumbu tidak bisa memberikan apa yang akan gizi kebutuhan tanaman. Tanaman mengambil nutrisi dan air yang dibutuhkan, dan meninggalkan sisa nutrisi dalam media tumbuh. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan penumpukan racun dari garam mineral dalam media tanam. Jadi pembilasan kelebihan gizi dari zona akar (media tanam) dengan air tawar biasa harus dilakukan secara teratur, seperti sekali seminggu atau lebih.

Sumbu

Sumbu itu sendiri mungkin adalah bagian paling penting dari sistem sumbu, karena tanpa sumbu penyerap yang baik tanaman tidak akan mendapatkan kelembaban dan nutrisi yang dibutuhkan. Anda mungkin perlu melakukan beberapa pengujian bahan yang berbeda untuk melihat apa yang terbaik untuk Anda. Ketika mencari bahan sumbu yang baik, Anda ingin menggunakan penyerap, tapi masih tahan terhadap kerusakan. Pertama cuci sumbu dengan baik sebelum Anda menggunakannya, secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan sumbu dari sebagian besar bahan.

Beberapa bahan umum dimana orang telah gunakan untuk sistem sumbu seperti, tali fibrosa, jenis propylene, sumbu obor tiki, tali rayon atau mop helai kepala, benang poliuretan dikepang, wol tebal, tali wol atau strip, tali nilon, tali kapas, stripe kain dari pakaian atau selimut tua dan yang lainnya.

Pastikan untuk menggunakan sumbu yang cukup untuk mendukung penggunaan tanaman air. Itu akan sangat tergantung pada bagaimana Anda membuat sistem sumbu Anda, jenis tanaman tumbuh, dan media tanam yang Anda gunakan. Anda mungkin akan membutuhkan setidaknya 2-4 sumbu kecuali jika sistem kecil yang sebenarnya. Selain itu,  semakin pendek sumbu dimana air harus pergi dari penampungan ke media tumbuh dan akar, semakin banyak air yang dapat diangkut ke media tanam.

Seketika larutan nutrisi membuat sumbu ke media tanam, Anda ingin menggunakan media tanam yang memiliki daya serap baik untuk sumbu selanjutnya dan menyimpan kelembaban. Beberapa media tanam yang paling umum digunakan untuk sistem sumbu ialah seperti coco coir, Vermiculite atau perlite. Dan dalam beberapa kasus, bahkan air yang menyerap kristal polimer telah digunakan juga.

Penampungan

Penampungan dalam sistem sumbu bisa berukuran besar atau kecil, Anda hanya menjaganya jangan sampai kering. Selain itu,  Anda perlu menjaga tingkat air agar tetap cukup tinggi sehingga air (larutan nutrisi) tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk sampai ke media tanam dan akar tumbuh. Anda menaikkan dari reservoir dengan larutan nutrisi yang diperlukan, sebaik membersihkannya dan mengubah sepenuhnya sesekali. Hanya karena ganggang dan/atau mikroorganisme dapat mulai tumbuh di air yang kaya nutrisi, terutama jika itu tidak kedap cahaya.

Karena sumbu mengisap air dan nutrisi secara merata, dan tanaman tidak menggunakan atau menyerap secara merata, penumpukkan nutrisi garam berlebih di media tanam dari waktu ke waktu. Jadi, Anda perlu menyiram dengan air tawar secara teratur juga, mungkin setiap beberapa minggu. Itu akan mengurangi kemungkinan penumpukkan nutrisi garam dan mencapai tingkat beracun pada tanaman.

Pompa Udara Opsional

Menggunakan pompa udara dan batu udara untuk memberi angin air dalam sistem sumbu itu tidak perlu, namun memiliki bermanfaat. Sementara akar harus mendapatkan oksigen dari kantong udara kecil di media tanam, mereka juga menyerap oksigen terlarut langsung dari air itu sendiri. Seiring dengan memberi angin, pergerakkan dan kenaikan gelembung menjaga air tetap mengalir. Menjaga nutrisi air yang bergerak menjaga nutrisi di dalamnya dicampur merata sepanjang waktu. Jika air masih, nutrisi dapat menetap di bagian bawah dari waktu ke waktu. Namun jika Anda akan menggunakan pompa udara, Anda mungkin ingin hanya membangun sistem budaya air sebagai gantinya.

baca dan pelajari tentang hidroponik sistem kultur air

Save

Bibit Online

Bibit Online
Hidroponik Sistem Sumbu atau wick | sistemhidroponik | 4.5

Leave a Reply