Jenis Tanaman Hias Hidroponik yang Bisa Ditanam di Rumah

Hidroponik merupakan suatu sistem budidaya tanaman yang tidak menggunakan media tanah tapi diganti dengan media lain berupa larutan khusus. Larutan khusus ini memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tanaman. Biasanya tanaman hidroponik tersebut adalah tanaman sayuran. Tapi selain itu ada beberapa jenis tanaman hias hidroponik yang bisa dibudidayakan di rumah.

Suplir

Suplir yang memiliki nama sebutan adiantum merupakan salah satu jenis tanaman hias daun yang sangat bagus dikembangkan melalui teknik hidroponik. Tanaman ini mempunyai daun yang berukuran kecil. Lahan terbaik untuk menanamnya adalah lahan yang sifatnya basah. Apabila ditanam di lokasi tersebut, suplir dapat tumbuh dengan subur.

tanaman-hias-suplir

Tetapi tidak hanya pada lahan berupa tanah saja, tanaman hias suplir juga dapat ditanam pada wadah atau pot khusus yang dikasih larutan hidroponik. Dengan metode ini, tanaman tersebut dapat diletakan dalam ruang sebagai hiasan interior, karena suplir tidak terlalu membutuhkan sinar matahari.

Keladi red star

Jenis tanaman hias hidroponik lain yang juga bisa dibudidayakan dalam rumah adalah keladi red star jenis tanaman hias daun. Tanaman yang memiliki nama latin caladium bicolor ini memiliki bentuk daun yang sangat unik, mirip dengan bintang langit. Warnanya merah tua, sedangkan tangkainya punya warna yang sama namun lebih terang.

tanaman-hias-keladi-red-star

Tanaman hias yang satu ini juga bisa dipelihara dan dirawat melalui metode hidroponik. Tapi sebaiknya diletakan di luar ruang karena keladi red star butuh pasokan cahara matahari yang cukup. Jika diletakan dalam ruang, warna daunya bisa berubah jadi pucat dan kusam.

Aglaonema

Aglaonema adalah jenis tanaman hias daun, dalam lingkungan masyarakat awam, tanaman ini lebih populer dan akrab dengan sebutan sri rejeki. Ciri khas utama yang dimiliki sri rejeki adalah daunnya yang berbentuk lonjong serta adanya bintik-bintik atau garis warna abu-abu perak di permukaannya.

tanaman-hias-aglaonema

Sama seperti keladi red star, jika ditanaman menggunakan sistem hidroponik sri rejeki harus selalu diletakan di luar agar mendapat pasokan sinar matahari dan udara yang cukup. Selain itu teknik perawatan dan pemeliharaan tanaman ini tergolong sulit. Jika larutan nutrisi beserta kandungan air pada medianya terlalu banyak, tanaman mudah busuk lalu jadi layu dan mati.

Bunga anggrek

Anggrek termasuk jenis tanaman hias bunga, biasanya ketika menanam bunga anggrek, orang akan menggunakan media tanam dari arang yang dilembabkan atau sekam. Meski demikian tidak ada salahnya mencoba menerapkan cara lain yaitu sistem hidroponik.

Jika ingin memakai metode tersebut, prosesnya sangat gampang yaitu tinggal memindahnya pada media hidroponik dalam wadah atau pot agregat yang berpori. Namun sebelumnya pot tesebut harus sudah diisi dengan arutan nutrisi khusus tanaman anggrek.

tanaman-hias-bunga-anggrek

Manfaat dari agregrat adalah sebagai penahan air yang nantinya akan diserap oleh akar bunga anggrek. Air ini kemudian disebar dan dialirkan pada bagian daun, batang serta bunga yang sudah atau mulai mekar.

Daun selada merah

Banyak yang mengatakan bahwa selada merupakan jenis tanaman hias daun sayuran. Namun selain itu banyak pula yang menganggapnya sebagai tanaman hias terutama selada berdaun merah. Jadi tidak ada salahnya pula jika ada yang memasukannya sebagai jenis tanaman hias hidroponik yang bisa ditanam di rumah, karena memang begitulah kenyataannya.

tanaman-hias-daun-selada-merah

Dibanding jenis yang lain, perawatan serta pemeliharaan selada merah termasuk mudah untuk dilakukan. Jika ditanam menggunakan teknik hidroponik, hal penting yang harus diperhatikan adalah larutan nutrisinya yang tidak boleh mempunyai kandungan air terlalu tinggi. Batang tanaman selada sifatnya sangat lunak dan mudah busuk.

Artikel lainya tentang cara tanam sawi hidroponik

Itulah beberapa jenis tanaman hias hidroponik yang dapat difungsikan sebagai hiasan rumah. Selamat menanam dan menikmati keindahannya.

Save

Jenis Tanaman Hias Hidroponik yang Bisa Ditanam di Rumah | sistemhidroponik | 4.5