Manfaat Hidroponik Untuk Lingkungan

Saat ini telah muncul sebuah teknologi di bidang pertanian yang merupakan hasil inovasi dan gagasan manusia. Teknologi yang dinamakan hidroponik tersebut sering diaplikasikan dalam sistem budidaya tanaman terutama sayur dan buah yang usia tanamnya pendek.

Hidroponik menjadi salah satu jenis budidaya tanaman yang dapat dilakukan tanpa memakai lahan pertanian. Media tanamnya bisa dibuat dari beberapa macam barang bekas. Jadi sistem ini bersifat sangat ramah lingkungan karena dapat menggunakan limbah sebagai inovasi baru dalam bidang teknologi pertanian.

Manfaat Hidroponik Untuk Lingkungan

Manfaat Hidroponik Untuk Lingkungan

Selain itu masih ada beberapa kelebihan lain yang dimiliki oleh sistem tanaman hidroponik. Terutama yang berhubungan dengan masalah lingkungan dan alam sekitar. Beberapa diantara kelebihan tersebut adalah :

  1. Menjadikan udara jadi lebih sejuk

Hidroponik adalah sistem budidaya tanaman yang mampu membuat udara lingkungan sekitar jadi lebih segar dan sejuk. Penyebab utamanya adalah sistem ini tidak memakai bahan kimia untuk pemupukan dan penanggulangan hama dan serangan penyakit.

Jenis pupuk yang digunakan dalam tanaman hidroponik berbentuk nutrisi berupa cairan yang menjadi sumber makanan tanaman. Saat ini sudah banyak sekali jenis nutrisi atau pupuk yang bisa dipakai sebagai penyubur tanaman hidroponik dan beberapa diataranya dapat dibuat oleh petani sendiri.

Mampu mengurangi polusi udara

Kelebihan dan manfaat hidroponik untuk lingkungan selanjutnya yaitu kemampuannya dalam mengurangi dan meminimalkan polusi udara. Semua orang pasti menyadari apabila sekarang ini tingkat polusi udara di lingkungan sekitar terus meningkat. Polusi ini merupakan hasil dari pembakaran hutan, asap pabrik, asap kendaraan bermotor, asap rokok dan sebagainya.

Jika tidak dikurangi kadar polusinya, udara bisa menjadi kotor dan tercemar. Setelah itu bisa berdampak pada kesehatan manusia dan binatang terutama binatang ternak. Agar masalah ini dapat diatasi, maka salah satu alternatif terbaik yang bisa dipilih adalah menggunakan metode hidroponik untuk budidaya tanaman.

Sistem hidroponik bisa diterapkan di daerah perkotaan yang mempunyai tingkat pencemaran udara lebih tinggi. Lahan berukuran luas tidak dibutuhkan lagi sebab sistem hidroponik dapat diaplikasikan di lahan sempit termasuk dalam lingkungan rumah sendiri.

  1. Mampu meningkatkan kadar oksigen di udara

Selain membersihkan udara dari pencemaran serta polusi, budidaya tanaman hidroponik juga dapat difungsikan sebagai media untuk menambah kadar oksigen atau O2 di udara. Semakin banyak kandungan oksigen yang tersedia pada suatu lingkungan, kualitas kesehatan manusia bisa ditingkatkan.

Baca juga : Estimasi biaya yang di butuhkan untuk pembuatan hidroponik

Selanjutnya ketika dikaitkan dengan budidaya hewan ternak, ketersediaan oksigen yang lebih melimpah akan membuat kualitas hewan ternak jadi lebih sempurna. Daging atau telur yang dihasilkan makin berlimpah dan bertambah banyak. Hal ini tentu menjadi sebuah keuntungan besar bagi peternaknya.

Itulah beberapa keuntungan dan manfaat hidroponik untuk lingkungan. Mudah-mudahan info dan ulasan sederhana ini bisa menambah ilmu dan wawasan kita semua. Selain itu juga dapat menjadi rekomendasi untuk bercocok tanam di lahan-lahan yang sempit.

Manfaat Hidroponik Untuk Lingkungan | sistemhidroponik | 4.5