Spon sebagai media tanam bibit tanaman hidroponik, begini caranya

Anda dapat menggunakan spon untuk media tanam menanam bibit tanaman hidroponik, Dalam metode hidroponik ini yang pertama sebelum tanaman di tempatkan kedalam media inti seperti gelas, paralon dll.. kita bisa manfaatkan spon untuk menumbuhkan benih yang akan kita gunakan untuk tanam tanaman hidroponik.

Silahkan simak caranya di bawah ini..

Siapkan spon atau busa yang akan kita gunakan untuk media semai benih, lalu potong – potong spon menjadi ukuran kurang lebih 2x2x2cm, lihat gambar di bawah.

potong-spon

Potong spon dengan ukuran +/- 2x2x2cm

Untuk berapa banyak spon yang di potong silahkan anda sesuaikan saja dengan berapa banyak benih yang akan anda tanam.

Setelah spon terpotong silahkan anda siapkan air di dalam bak lalu anda masukan spon yang sudah terpotong-potong lalu anda remas hinga spon basah meresap hingga kedalam.

spon-masuk-kedalam-air

Busa dimasukan di dalam air

busa-diremas

Agar air meresap kedalam busa silahkan di remas-remas spon nya

setelah itu silahkan siapkan media yang akan di gunakan untuk penyemaian dan setelah spon basah semua angkat spon tersebut dan letakan satu persatu ke media penyemaian tersebut.

media-penyemaian

Spon di letakan diatas penyemaian

busa-dimedia-penyemaian

Setelah semua spon tertata dengan rapih lalu silahkan siapkan benih yang akan di semai setelah semua bibit siap letakan bibit tersebut diatas spon, bibit bisa di letakan per satu spon dua bibit/benih tanaman.

letakan-bibit-diatas-spon

Bibit di letakan di atas media spon

bibit-diatas-spon

 

Setelah semua spon sudah terisi bibit atau benih lakukan penyemprotan dengan air secara merata ke atas bibit atau benih yang berada di atas spon tersebut.

basahi-bibit-dengan-air

Penyemprotan bibit

 

Silahkan diamkan benih tersebut selama kurang lebih 24jam. Anda bisa control dan semprot dengan air untuk mencegah kering pada benih (jangan terlalu sering), setelah 24jam bibit akan mulai tumbuh tunas.

tunas-mulai-tumbuh

Saat tunas tanaman mulai tumbuh

tetap lakukan pengontrolan secara rutin agar bibit terjaga, setelah dua hari daun mulai tumbuh

daun-tumbuh

Tunas sudah tumbuh daun

untuk menjaga kelembaban pada benih atau bibit lakukan penyemprotan secara teratur pagi dan sore selama proses penyemaian masih berlangsung.

semprot-pagi-dan-sore

Penyemprotan dilakukan pagi dan sore hari

lama penyemaian kurang lebih 7-10 hari sebelum ahirnya di pindahkan ke media hidroponik selanjutnya, anda dapat memperkirakan saat tanaman sudah bisa untuk di pindahkan.

berikut saat usia tanaman sudah masuk ke usia 3 minggu

usia-tanaman-3minggu

Contoh tanaman pada usia 3 minggu

Demikian sedikit informasi tentang penyemaian bibit atau benih dengan menggunakan spon atau busa, jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan bantu kami untuk meng sharenya kepada semua orang melalui fb atau media sosial yang anda gunakan, terimakasih telah mengunjungi blog kami. silahkan anda ketahui mengenai pengetahuan tentang cara menanam tanaman hidroponik

Save

Save

Save

Spon sebagai media tanam bibit tanaman hidroponik, begini caranya | sistemhidroponik | 4.5

Leave a Reply