Proses penanaman Kol oleh petani di desa gombong

Bibit Online

Proses penanaman kol di desa gombong kab pemalang jateng ini ada 4 langkah yaitu meliputi proses media tanam, pembibitan, penanaman dan proses perawatan tanaman kol, cara penanaman seperti ini sama seperti cara penanaman oleh petani kol di daerah lainya. Didaerah gombong sendiri banyak memanfaatkan lahan pertanian di bukit atau yang lahannya miring, daerah yang suhunya sangat cocok untuk menanam segala jenis sayuran ini bisa membawakan keuntungan bagi penduduk desa tersebut.

Bibit Online
Lahan pertanian di desa gombong

Lahan pertanian di desa gombong

  • Tentukan media tanam

Media tanam yang digunakan untuk penanaman kol adalah tanah yang subur serta di berikan pupuk yang cukup, media tanam/lahan yang di gunakan di desa ini sangat bagus dan cocok untuk penanaman jenis sayuran ini. Kelembaban serta suhu yang pas memberikan hasil tanaman yang tumbuh subur. Media tanah tersebut di bedikan plastik di atasnya, silahkan lihat pada gambar berikut ini.

media tanam yang di gunakan untuk menanam kol

media tanam yang di gunakan untuk menanam kol

  • Pembibitan kol

Saat saya berkunjung ke tempat pembibitan kol media yang di gunakan meliputi tanah yang di ayak hingga halus dan pupuk kandang/kotoran ayam boiler, bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.

tanah halus dari hasil ayak

Tanah halus dari hasil ayak

Setelah tanah halus sudah di dapat kemudian di campur dengan pupuk kandang. Langkah berikutnya menempatkan campuran tanah dan pupuk ke dalam polybag berukuran kecil dan lalu di berikan bibit tanaman kol yang sudah melalui proses penyemaian. Proses penyemaian benih dilakukan terlebih dahulu untuk mendapatkan bibit yang akan dipersiapkan untuk proses pembibitan. (saat saya berkunjung tidak melihat langsung saat proses penyemaian)

Bibit Kol siap di tanam

Bibit Kol siap di tanam

  • Penanaman bibit kol

Penanaman dilakukan dengan cara melubangin plastik dan tanah untuk penempatan bibit kol dengan ukuran kurang lebih 60×60. Saat akan di tanam pada media tanam kita keluarkan bibit kol dari polybag untuk lalu di tanamkan ke dalam lombang yang sudah di buat tadi. Silahkan perhatikan gambar berikut.

penanaman bibit kol kedalam media tanam

Penanaman bibit kol kedalam media tanam

Pastikan plastik polybag sudah dikeluarkan dan yang tersisat adalah tanah dan pupuk yang ada di polybag tadi. Setelah penanaman selesai proses selanjutnya adalah perawatan tanaman.

  • Perawatan

Dalam perawatan tanaman kol ialah sama dengan perawatan tanaman sayur lainya yaitu dengan penyemprotan dan pemupukan susulan hingga masa panen, proses pemupukan susulan dilakukan saat tanaman berusia empat minggu menggunakan pupuk KCL dan pupuk Urea dan disiangi juga pada saat usia tanaman 2-4 minggunya.

penyiangan-tanaman-kol

Bibit Online

Pada saat usia tanaman sudah mencapai lima minggu penyiangan dilakukan dengan menggunakan tangan hingga pada masa panen tiba, pemerikasaan atau perawatan agar tidak terkena hama juga dilakukan dengan rutin agar tanaman tumbuh dengan baik, hindari penggunaan bahan kimia sehingga menghasilkan tanaman kol yang sehat untuk di konsumsi nantinya.

usia kol 4 minggu

usia kol 4 minggu

usia kol 4 minggu

usia kol 4 minggu

usia kol 5 minggu

usia kol 5 minggu

Perawatan rutin dilakukan hingga masa panen untuk mendapatkan hasil yang bagus.

tanaman kol siap di panen

tanaman kol siap di panen

Setelah masa panen tiba biasanya petani di gombong jawa tengah ini menjaul hasil panennya ke tengkulak yang ada di desanya, kemudian dari para tengkulak dipasarkan ke pasar tradisional dikota-kota besar.

tanaman kol siap dipasarkan

tanaman kol siap dipasarkan

Baca artikel lainya tentang budidaya tanaman sayuran di kaki gunung slamet

Itulah sedikit cerita tentang pertanian di gombong jawa tengah, semoga bisa dijadikan bacaan ringan untuk kita. sistemhidroponik.com akan selalu update artikel tentang hidroponik dan jenis tanaman lainya, silahkan bookmark situs kami untuk mendapatkan updatenya. Terimakasih atas kunjungannya..

Save

Save

Save

Save

Save

Bibit Online

Bibit Online
Proses penanaman Kol oleh petani di desa gombong | sistemhidroponik | 4.5