4 langkah tanam Hidroponik Tomat

Bibit Online

Metode menanam tumbuhan hidroponik tomat adalah salah satu metode yang sedang banyak digemari. Pasalnya, metode penanaman ini tidak harus membutuhkan lahan yang luas, sehingga memungkinkan dipraktikkan di lingkungan perumahan yang memang minim lahan kosong atau lahan pertanian.

Bibit Online

Berbagai tumbuhan dapat di tanam menggunakan metode hidroponik ini, dan salah satunya yaitu tomat. Tanaman dengan buah berwarna merah ini merupakan salah satu tanaman hidroponik yang dalam perawatannya tidak begitu sulit. Selain itu, media yang di butuhkan juga tidak banyak sehingga sangat memudahkan.

hidroponik-tomat

Tomat hidroponik

Lalu bagaimanakah cara menanam tomat hidroponik? Berikut ini penjelasannya untuk anda :

  1. Penyemaian
penyemaiyan-tomat

Penyemaian bibit tomat

Penyemaian tomat ini di lakukan sejak tomat masih dalam bentuk biji. Kemudian biji tomat tersebut di keringkan dan di semai dalam media semai yaitu plastik dan rockwoll.

Proses penyemaian bibit tomat ini berlangsung selama kurang lebih 2 bulan atau hingga bibit tomat mencapai ketinggian 15 cm.

  1. Siapkan media tanam
polybag-arang-sekam-hidroponik-tomat

polybag arang sekam untuk hidroponik tomat

Setelah bibit tomat siap berukuran 15 cm, bibit tersebut siap untuk di pindahkan ke lahan tanam. Sesuai metode penanaman yang di gunakan yaitu metode hidroponik, jadi media tanam yang di gunakan bukanlah tanah atau unsur hara lainnya.

Media penanaman tomat hidroponik ini tak lain adalah arang sekam. Arang sekam yaitu media yang terbuat dari padi kering yang telah di bakar. Kemudian media tersebut di masukkan dalam polybag ataupun pot.

Setiap polybag sebaiknya di isikan dengan arang sekam masing-masing 2 kg. Setelah itu, baru letakkan polybag yang sudah berisi arang sekam dan ditanami bibit tomat tersebut dalam rumah kaca dengan jarak masing-masing polybag adalah 30-40 cm.

Bibit Online

Untuk metode ini di sesuaikan dengan metode hidroponik yang anda terapkan, gambar di atas hanyalah ilustrasi saja. bisa berbeda dengan metode yang anda gunakan.

  1. Pemberian nutrisi
nutrisi-hidroponik-tomat

Nutrisi tomat hidroponik

Setelah bibit tomat di pindahkan dari media penyemaian ke media penanaman, cara menanam tomat hidroponik selanjutnya yaitu dengan memberikan nutrisi pada tanaman tomat tersebut.

Nutrisi yang di butuhkan tanaman tomat hidroponik adalah nutrisi AB Mix khusus tomat. Pemberian nutrisi ini bisa di lakukan setiap hari. Tips agar tanaman tomat tidak rusak karena nutrisi yang di berikan adalah jangan sampai daun tomat terkena cairan nutrisi, serta jangan sampai menyentuh media arang sekam.

  1. Pemeliharaan

Jika tadi di jelaskan bahwa tanaman tomat hidroponik lebih di sarankan untuk diletakkan di rumah kaca yaitu bertujuan agar tanaman tidak terserang hama dan serangga yang dapat merugikan.

Untuk pemeliharaannya anda cukup mengecek daun tanaman tomat yang sudah tua, buanglah daun-daun tersebut agar daun muda tanaman tomat bisa tumbuh subur. Buang juga buah tomat yang busuk atau di hinggapi serangga.

Selain itu, anda juga harus sering mengecek hama kecil yang biasanya menempel pada bagian bawah daun dan batang tanaman tomat. Jangan lupa pula untuk sering menyiramnya, yaitu 2 kali pada pagi dan sore hari.

Mudah bukan cara menanam tomat hidroponik? Anda bisa juga mencoba menanam tomat hidroponik ini di rumah dan memanennya untuk kebutuhan rumah tangga sendiri. tentunya dengan sekala kecil yang disesuaikan dengan lahan di rumah anda. semoga informasi ini bermanfaat untuk kita dan silahkan share artikel ini agar dapat bermanfaat juga untuk yang lain.

baca artikel lainnya untuk hidroponik cabe

Save

Save

Save

Bibit Online

Bibit Online
4 langkah tanam Hidroponik Tomat | sistemhidroponik | 4.5

Leave a Reply