Tanaman Berbahaya dan Paling Mematikan Sedunia

Bibit Online

Sejak dulu bunga selalu diidentikan dengan keindahan dan kecantikan. Bahkan banyak yang menggangapnya sebagai simbol jalinan cinta dan kasih sayang. Tetapi tidak selamanya bunga selalu menghadirkan kebahagiaan. Ada beberapa jenis bunga  berbahaya yang justru dapat menimbulkan akibat fatal bagi siapa saja yang memegangnya. Simak saja beberapa keterangan berikut ini :

Bibit Online

Nerium Oleander

Nerium oleander adalah nama sebuah bunga yang tampilannya hampir mirip dengan tanaman bunga kamboja. Bentuknya sangat cantik dan warnanya selalu menarik perhatian pada siapa saja yang melihatnya. Tetapi jangan langsung terpikat oleh keindahan bunga nerium oleander apalagi memetiknya.

Tanaman Nerium Oleander

Tanaman Nerium Oleander

Hampir di semua bagian pada bunga tersebut memiliki kandungan racun jenis oelandrin serta neriine. Kedua kandungan ini bisa membuat detak dan denyut jantung jadi melemah. Setelah itu sistem kerja pada peredaran darah, pencernaan dan syaraf jadi terganggu pada waktu yang hampir bersamaan. Jika tidak ditangani dengan segera, bisa menyebabkan kematian.

Daphne

Jenis tanaman berbahaya berikutnya adalah daphne yang disemua bagiannya juga mempunyai kandungan racun, terutama pada buah serta getahnya.

Tanaman Daphne

Tanaman Daphne

Kandungan racun yang terdapat dalam tanaman ini adalah racun daphin dan mezerine. Keduanya bisa menimbulkan dampak berupa sakit perut dan kerusakan pada susunan syaraf. Setelah itu penderita akan mengalami masalah gangguan jiwa alias gila.

Belladonna

Mirip dengan daphne, semua bagian tanaman Belladonna juga dapat mengakibatkan kematian ketika tersentuh oleh tangan manusia. Bunganya sangat cantik dan buahnya menyerupai buah berry. Jika tidak tahu, pasti banyak yang ingin memetik dan menikmati buah tersebut.

Tanaman Belladonna

Tanaman Belladonna

Padahal dibalik bentuk bunga dan buahnya yang begitu memikat tanaman Belladonna memiliki kandungan racun atropine dan tropane alkoids. Kedua racin ini bisa mengakibatkan terjadinya gangguan dalam sistem syaraf. Sedangkan dampak negatif yang paling sering muncul antara lain halusinasi yang berlebihan dan mata menjadi buta.

Bibit Online

Ranunculus

Ranunculus merupakan tanaman berbahaya yang bentuknya punya banyak kesamaan dengan bunga mawar. Bunganya berukuran lebih besar dan kelopaknya berupa paduan warna-warna bernuansa lembut. Saat melihat pertama kali, pasti akan langsung terpedaya pada kecantikan tanaman ini.

Tanaman Ranunculus

Tanaman Ranunculus

Namun harus selalu diwapadai, ranunculus mempunyai kandungan racun tingkat tinggi yang bisa mengakibatkan kematian. Jika tanpa sengaja ada bagian bunga yang masuk dalam mulut, mampu membuat penderita terus mengeluarkan banyak air liur dan sakit perut. Biasanya sakit  ini disertai dengan rusaknya jaringan pada selaput lendir.

Lily of the valley

Saat ini lily of the valley sering dimasukan sebagai tanaman hias yang harganya paling mahal sedunia. Tampilan tanaman ini memang benar-benar cantik serta mempunyai daya pikat yang begitu tinggi. Bunganya mirip dengan lonceng yang saling bergelantungan.

tanaman lily of the valley

tanaman lily of the valley

Tetapi siapa sangka, ternyata bunga ini dapat mengakibatkan sakit perut, mual dan diare pada siapa saja yang tanpa sengaja memakannya. Bahkan orang dewasa yang hanya makan tangkai bunganya saja bisa langsung merasakan gangguan tersebut tanpa perlu menunggu waktu yang lama.

Autumn Crocus

Jenis tanaman berbahaya yang terakhir yaitu Autumn Crocus yang memiliki kandungan racun aksonik. Sampai detik ini, tidak ada seorangpun yang berhasil menemukan obat penawar atau penyembuh racun tersebut.

Tanaman Autumn Crocus

Tanaman Autumn Crocus

Banyak yang menyebutkan Autumn Crocus bisa digunakan untuk mengobati penyakit kanker. Tetapi apabila terjadi kesalahan prosedur justru dapat mengakibatkan detak jantung langsung terhenti seketika. Akibat selanjutnya bisa ditebak, yaitu kematian.

Pelajari dan baca tentang ciri dan manfaat tanaman adas

Jenis-jenis tanaman berbahaya yang telah disebutkan di atas merupakan suatu bukti apabila penampilan bunga yang indah tidak selalu memberikan kesenangan. Bahkan sebaliknya ada yang dapat membuat orang meregang nyawa saat bersentuhan dengan salah satu bagian dari tanaman itu. Jadi harus selalu bertindak super hati-hati ketika menjumpainya.

Bibit Online

Bibit Online
Tanaman Berbahaya dan Paling Mematikan Sedunia | sistemhidroponik | 4.5