Tanaman Hias Daun yang Bisa Dibudidayakan

Bibit Online

Membudidayakan tanaman menurut penelitian bermanfaat merileksasikan diri. Selain itu tanaman yang ditanam dapat membuat udara di sekitar rumah menjadi lebih segar. Salah satu tanaman yang mudah dibudidayakan adalah Tanaman Hias Daun. Selain mudah dibudidayakan, tanaman hias daun juga dapat digunakan untuk mempercantik tampilan rumah baik indoor maupun outdoor. Apabila Anda baru akan mencoba menanam tanaman hias, tidak perlu khawatir kerepotan. Anda dapat mencoba menanam beberapa jenis tanaman hias daun yang mudah dibudidayakan berikut ini:

Bibit Online
  1. Lidah Buaya

Lidah Buaya atau aloe vera sangat mudah dibudidayakan. Tanaman hias ini tidak perlu pemupukan, bahkan jika anda ingin memupuk tanaman ini hanya disarankan setahun sekali saja. Anda juga tidak perlu menyirami lidah buaya terlalu sering karena pada dasarnya lidah buaya lebih mudah menjadi basah daripada kering. Lidah buaya lebih baik diberi asupan cahaya matahari yang cukup. Apabila Anda memutuskan untuk menaruh lidah buaya di dalam ruangan atau indoor, taruhlah di samping jendela atau tempat yang terkena limpahan sinar matahari.

Tanaman lidah buaya

Tanaman lidah buaya

Jika daun lidah buaya anda berubah menjadi kuning dan rontok, berhentilah menyiram karena daun yang kuning berarti menderita akibat kebanyakan air. Anda dapat membuang daun yang berubah warna dengan memotongnya, dan mengurangi penyiraman air sampai minggu depan. Lidah buaya juga sangat salah satu tanaman hias yang bermanfaat sebagai obat P3K darurat yaitu dapat menyembuhkan luka secara cepat. Dagingnya juga baik sebagai penyubur rambut dan digunakan sebagai masker wajah.

  1. Lidah Mertua

Lidah Mertua selain mudah ditanam juga merupakan salah satu contoh tanaman hias daun yang mampu menyerap polutan. Tanaman bernama latin Sansevieria trisfasciata ini dapat menetralisir berbagai macam racun yang ada di udara. Misalnya menyerap nikotin, karbonmonoksida, formaldehide, benzen, hingga dioksin.

Tanaman hias lidah mertua

Tanaman hias lidah mertua

Bahkan manfaat tanaman hias ini juga luar biasa, lima helai daun tanaman dewasa dapat membersihkan racun ruangan seluas 100m3. Tanaman ini dapat ditanam baik indoor atau outdoor. Tanaman ini terbilang mudah dirawat karena mudah beradaptasi dengan segala keadaan.

  1. Kuping Gajah

Anda sudah pasti familiar dengan tanaman hias populer satu ini. Tanaman hias daun ini mudah dibudidayakan dan populer dijadikan penghias ruangan. Tanaman ini populer disebut Kuping Gajah karena bentuk daunnya yang menyerupai telinga gajah.

Bibit Online
tanaman hias Kuping Gajah

tanaman hias Kuping Gajah

Warna hijau dengan urat-urat putih juga sangat khas dan memiliki daya pikat yang istimewa. Perawatannya cenderung mudah karena hanya berfokus pada daunnya dan membutuhkan sedikit sinar matahari. Cukup sirami dengan air secara rutin, tanaman ini akan semakin mempercantik dan memberi aura segar pada rumah anda.

  1. Lili Paris

Tanaman hias yang berasal dari Afrika Selatan ini sangat cocok dijadikan penghias ruangan dan teras rumah Anda. Bentuk daunnya yang panjang dan memiliki gradasi hijau-putih-kuning ini memikat dan membuat segar sekitarnya. Tanaman ini juga sangat cocok dijadikan tanaman hias gantung.

tanaman hias Lili Paris

tanaman hias Lili Paris

Karena itulah tanaman hias ini juga populer untuk dijadikan sebagai border maupun listing. Tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus karena tanam asalnya yang panas, Lili Paris juga tahan terhadap panas matahari.

  1. Daun Suji

Tanaman ini dapat ditanam dengan mudah, yaitu dengan cara stek. Daunnya yang langsing dan menebarkan aroma segar sangat cocok digunakan sebagai penyegar ruangan. Tanaman ini juga tidak membutuhkan sinar matahari secara teratur. Cukup tanam dalam pot dan Anda dapat menaruhnya dalam ruangan sepanjang hari.

Tanaman Daun Suji

Tanaman Daun Suji

Selain itu daun suji memiliki kelebihan dapat digunakan sebagai obat, menambah aroma pada masakan dan mewarnai makanan secara alami.

Dengan semua kelebihannya maka tidak perlu ragu lagi untuk menanam beberapa tanaman hias daun khas Indonesia ini sebagai penghias dan penyegar rumah Anda. Terutama untuk Anda yang sibuk, tanaman ini mudah dibudidayakan dan tidak perlu repot merawatnya. Selamat mencoba!

Save

Bibit Online

Bibit Online
Tanaman Hias Daun yang Bisa Dibudidayakan | sistemhidroponik | 4.5